kids

 

Kebahagiaan seorang ibu adalah ketika buah hatinya lahir di dunia dengan selamat dan memiliki fisik yang normal. Lalu seiring berjalannya waktu, menjadi ibu ternyata menjadi keharusan pula untuk merawat dan membesarkannya menjadi seseorang yang terbayang dipikirannya akan menjadi seperti dirinya suatu saat nanti. Dan itu butuh proses, proses yang panjang dan akan penuh kenangan indah. Untuk melewati itu semua, seorang ibu pun butuh ilmu, salah satunya tentang kapan mulai tumbuh gigi susu si buah hati.

Gigi susu pertama biasanya tumbuh pada usia 4-15 bulan. Dan ketika anak sudah berusia 3 tahun maka semua gigi susunya sudah lengkap yaitu 20 gigi. Tapi pada beberapa anak, ada yang masih belum lengkap.

Lambatnya tumbuh gigi sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Bahkan, ada yang baru tumbuh gigi susu pertamanya pada usia 18 bulan. Jika masih belum tumbuh juga, maka segeralah ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan untuk memastikan apakah ada gigi atau tidak yang akan tumbuh, Dokter Gigi akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan foto radiografi gigi.

Lambatnya tumbuh gigi bukanlah suatu masalah yang perlu dikhawatirkan, jika kita sudah melakukan usaha maksimal untuk merawatnya salah satunya nutrisinya, memantau tumbuh kembangnya, dan kita yakin bahwa anak kita tumbuh dengan normal. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi lambatnya tumbuh gigi susu dan bahkan seringkali tanpa sebab yang kita sendiri tidak tahu.

 

Faktor-faktor lambatnya tumbuh gigi susu pertama :

1.      Faktor Keturunan

Lambatnya tumbuh gigi susu pertama pada umumnya karena faktor keturunan. Jika Ayah atau ibu juga lambat tumbuh gigi pertama waktu bayi,maka kemungkinan anaknya pun akan seperti itu. Untuk memastikannya, coba tanyakan hal ini ke orangtua dan mertua.

 

2.      Kekurangan Nutrisi

Pada bayi yang seperti ini, biasanya juga mengalami lambat jalan, badan kecil dan berat badan kurang. Ini berkaitan dengan kurangnya asupan ASI dan atau rendahnya asupan nutrisi dari susu formula. Bayi sangat memerlukan vitamin A, C dan D dan juga kaslium dan fosfor. Kekurangan vitamin atau mineral khususnya vitamin D dan kalsium dapat menyebabkan lambatnya tumbuh gigi.

Bawden berkata bahwa kekurangan vitamin D sangat berpengaruh terjadinya hipomineralisasi yaitu dengan tidak memadainya tranportasi kalsium untuk perkembangan jaringan gigi. Kekurangan vitamin D juga mempengaruhi kerusakan struktur gigi dan lambatnya erupsi gigi.

 

3. Berat Badan Lahir Rendah atau Lahir Prematur

Pada bayi yang berat lahir rendah dan bayi premature biasanya tumbuh gigi bayi pertama kali akan lambat, ada kerusakan email dan rentan gigi berlubang.

 

4. Sindrom Down

Gigi susu pertama biasanya akan tumbuh pada usia 2 tahun dan akan lengkap pada usia 5 tahun. Pertembuhan giginya kadang tidak sesuai dengan urutannya, dan beberapa gigi susu masih tersisa sampai usia 15 tahun. Berdasarkan hasil penelitian Ondarza dkk mengatakan bahwa tidak semua anak sindrom down akan lambat tumbuh gigi susunya bahkan jarang terjadi.

 

5. Hipotiroidism Kongenital

Pada anak ini biasanya akan mengalami keterlambatan dalam semua tahap pertumbuhan gigi, mulai dari tumbuhnya gigi susu, tanggalnya gigi susu, dan tumbuhnya gigi tetap.

 

Yang paling perlu dari ini semua adalah berdoa kepada Allah azza wa jalla. Dia yang Maha Mengatur semuanya, maka marilah kita berdoa kepadaNya untuk kebaikan dan kesehatan Anak kita.

 

Referensi :

McDonald et al. 2004. Dentistry for The Child and Adolescent. St.Louis : Mosby.

C . Baker, Raymond. Pediatric Primary Care: Ill-Child Care.Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins

Edward Shils, Maurice, et al. 2006. Modern Nutrition in Health and Disease. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins

American Academi of Pediatrics. Dedicated to the health of al children. A Pediatric Guide to Children Oral Health Filp Chart

Chandr, Akhil. Teething Troubles

Smitt, Sheila. Reasons for Late Teething 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s