Alhamdulillah akhirnya dibuka juga pendaftaran PTT untuk periode September 2010 sejak tanggal 30 Juli 2010 pada malam hari. Bagi teman-teman sejawat yang ingin berpetualang dan mencari pengalaman baru serta (tentunya) untuk mengabdikan diri di daerah-daerah yang memang membutuhkan tenaga kesehatan, ayo daftar di http://www.ropeg-depkes.or.id/.

Adapun jadwal pengangkatan untuk periode ini:

No. KEGIATAN TANGGAL
1. Registrasi on-line di website 30 Juli – 04 Agustus 2010
2. Penerimaan berkas pendaftaran melalui PO BOX 30 Juli – 12 Juli 2010
3. Pengumuman kelulusan 20 Agustus 2010
4. Lapor ke Dinkes Provinsi Lulusan 23 – 25 Agustus 2010
5. Pengarahan di Dinkes Lulusan dan Pembayaran SPPD 30 Agustus 2010
6. Berangkat serentak ke Provinsi tujuan 01 September 2010

Tapi melihat jadwal di atas, bagi teman sejawat yang beragama Islam mungkin akan ragu untuk mengambil PTT kali ini karena Lebaran Idul Fitri tanggal 10 September 2010, sedangkan ‘Berangkat serentak ke Provinsi tujuan’ tanggal 01 September 2010. Jadi jika kita ikut mendaftar pada periode kali ini dan diterima, maka, dengan kata lain dan kemungkinan besar, kita akan berlebaran di daerah tempat kita PTT. Sungguh sayang sekali ya, karena tidak bisa berlebaran bersama keluarga seperti biasanya. Tapi, sungguh menyenangkan sekali karena akan menikmati lebaran dengan suasana yang berbeda dan tentu saja akan menjadi pengalaman terbaru bagi teman-teman sekalian.

Yang pastinya, situasi akan berbeda jika kita memilih daerah penempatan yang tidak terlalu jauh daerah tempat kita tinggal. Misalnya jika hanya menempuh waktu  1 – 3 jam dari rumah, rasanya masih ada kesempatan untuk menikmati lebaran bersama keluarga di rumah. Jadi, ini juga tergantung daerah yang kita pilih.

Nah, pertanyaannya, apakah mungkin kita bisa mendapatkan daerah yang tidak terlalu jauh dari rumah? Segala sesuatunya insya Allah bisa jika kita berusaha dan berdoa. Tapi, berdasarkan pengamatan yang saya temukan, tergantung dari beberapa faktor.

Faktor pertama, seberapa banyak yang memilih daerah tersebut, jika banyak, maka peluangnya akan kecil, tapi, jika hanya kita sendiri saja, sepertinya kita yang akan di tempatkan di daerah tersebut.

Faktor kedua, katanya sih, diutamakan putera-puteri daerah, maksudnya, lebih diutamakan bagi teman-teman yang memang berdomisili di Provinsi tersebut yang lebih khusus lagi jika di kabupaten tersebut. Dari hasil baca-baca via dunia maya nih, alasannya, supaya tidak ada pengeluaran biaya transportasi ke daerah tersebut. Adapun alasan pastinya, silahkan tanyakan langsung ke depkes atau dinkes provinsi.

Faktor ketiga, tahun kelulusan. Katanya nih, teman angkatan lulusan yang lebih tua lebih diutamakan menempati daerah yang dipilihnya. Adapun alasannya, mungkin ya, karena mereka lebih berpengalaman dibandingkan angkatan lulusan yang muda.

Pada kasus yang berbeda, bagi teman-teman sejawat yang punya banyak uang (hehe), rasanya tidak masalah jika harus membeli tiket PP walau hanya untuk menikmati lebaran yang hanya beberapa hari di rumah. Jadi, sepertinya bukanlah sebuah masalah dimana pun daerah yang ditempatkan.

Semua keputusan, kembali ke pribadi masing-masing. Kalau pun mengurungkan niat untuk periode kali ini, khan masih ada periode berikutnya. Bagi teman-teman yang berniat mendaftar, buruan daftar sebelum terlambat.

6 responses »

  1. Ummu Humairoh mengatakan:

    Bismillaah.. ukhti sayang… lebaran tanggal 10 Sept bukan 10 Agustus (hehe peace)..

    MMmmm, anti jd pilih PTT DRG??

    Yah klo menurut ana dilihat mn yg lbih besar mudhorot n maslahatnya hehe..

    Klo kgen kluarga kn bs pulang hehe..

    Barakallahu fiik..

    Suka

  2. ummu harits mengatakan:

    Dulu ana pengen juga PTT keuar jawa ukhtiy, tapi karena sudah bersuami dan punya anak dmn sangat susah kalau suami harus ikut, ngantar jemput.. akhirnya tdk jadi ikut PTT depkes. Mencoba PTT cari lain di RS Swasta di Jawa. Ahamdulillah.. tdk sampai tuntas juga.. ^ ^ jadi sampai sekarang nggak PTT. Bagaimana dg anti? Barokallohu fiik.

    Suka

  3. Rika mengatakan:

    Ani jd keterima dimana? hehehe…
    lebaran khan tinggal pulang aj..hehe

    *nanya aj…aq ga ikut ptt…masih atuttt*

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s