Apa itu fluoride?

Fluoride adalah senyawa yang terbentuk secara alami, yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

Ion fluoride berasal dari unsur fluorin. Fluorin adalah unsur yang paling berlimpah pada kerak bumi. Dan merupakan gas yang tidak pernah terdapat di alam tetapi hanya ada dalam kombinasi dengan unsur-unsur lain sebagai senyawa fluoride. Fluoride adalah unsur senyawa mineral dalam batu dan tanah. Air melewati formasi batuan dan melarutkan senyawa fluoride yang ada dan menciptakan ion fluoride. Hasilnya adalah bahwa sejumlah kecil ion fluoride terdapat di semua sumber air. Secara umum, sumber permukaan air seperti  danau, kali dan sungai memiliki tingkat kandungan fluoride yang sangat rendah.  Contohnya, danau Michigan memiliki tingkat kandungan fluoride 0.17 ppm. Fluoride hadir secara alami dalam batas tertentu pada semua makanan dan minuman, tetapi konsentrasinya sangat bervariasi.

.

Bagaimana fluoride mencegah kerusakan gigi?

Fluoride dalam pencegahan karies gigi diperoleh dalam dua bentuk: topikal dan sistemik.

Fluoride sistemik pengaplikasiaanya dengan cara ditelan. Selama pembentukan gigi, fluoride yang tertelan masuk ke dalam struktur gigi. Fluoride yang tertelan secara teratur pada tahap pembentukan gigi (pra-tumbuh) diendapkan di seluruh permukaan gigi dan memberikan perlindungan yang lebih tahan lama daripada dioleskan. Sumber fluoride sistemik di Amerika Serikat diantaranya fluoridasi air minum, suplemen fluoride dalam bentuk tablet, obat tetes serta terdapat pula dalam makanan dan minuman.

Fluoride topikal diterapkan untuk memberikan perlindungan setempat pada permukaan gigi. Yang termasuk fluoride topikal diantaranya pasta gigi, obat kumur dan yang diaplikasikan oleh dokter gigi berupa fluoride foam, gel dan vernis.

Dalam menjelaskan keefektivitas fluoridasi air, John DB Featherstone, Ph.D, Profesor dan Ketua Departemen Pencegahan dan Pemulihan Layanan Gigi, Universitas California San Francisco, mengatakan :”… Tidak ada bukti yang dapat membantah sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa fluoride dalam air minum bekerja untuk mengurangi karies gigi. “

Ion fluoride tidak hanya memberikan ketahanan terhadap kerusakan pada permukaan email gigi (hilangnya mineral atau demineralisasi), tetapi juga dapat memperbaiki atau meremineralisasi kerusakan gigi secara dini yang disebabkan oleh asam dari bakteri penyebab pembusukan. Ion Fluoride yang diperlukan untuk remineralisasi disediakan dalam bentuk air berfluoride serta berbagai produk fluoride seperti pasta gigi.

.

Apakah air fluoridasi itu?

Air fluoridasi adalah penyesuaian konsentrasi fluoride alami dari air yang kekurangan fluoride ke tingkat yang direkomendasikan untuk kesehatan gigi yang optimal.

Berdasarkan penelitian yang luas, Dinas Kesehatan Amerika Serikat (USPHS-United State Public Health Service) menetapkan konsentrasi optimum untuk fluoride dalam air di Amerika Serikat dalam kisaran 0,7-1,2 bagian per juta. Rentang ini secara efektif mengurangi kerusakan gigi dan meminimalkan terjadinya fluorosis gigi. Tingkat optimum tergantung pada rata-rata tahunan dari suhu udara harian maksimum pada suatu wilayah geografis.

Satu miligram per liter (mg / L) adalah identik dengan satu bagian per juta (ppm). Pada 1 ppm, satu bagian dari fluoride diencerkan dalam sejuta bagian air. Nomor besar seperti satu juta dapat sangat sulit untuk divisualisasikan. Meskipun tidak tepat, dengan perbandingan berikut dapat membantu dalam memahami satu bagian per juta:

1 inci dalam 16 mil

1 menit dalam 2 tahun

1 sen dalam $ 10.000

.

Beberapa klaim kesehatan yang keliru versus fluoridasi air

Dari sumber-sumber seperti internet, koran, dan anekdot pribadi di e-mail, kita menemukan tulisan-tulisan yang menyatakan bahwa fluoridasi air itu berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Tapi, dari bukti ilmiah yang kredibel secara konsisten menunjukkan bahwa fluoridasi air aman dan efektif. Segala efek buruk kesehatan yang mungkin muncul telah banyak dipelajari dan terus dipelajari secara ekstensif. Telah ditetapkan bahwa sekitar 10% dari fluorosis gigi disebabkan fluoridasi air. Jenis ini sangat ringan untuk dikategorikan sebagai fluorosis ringan dan hal ini lebih cenderung dikatakan sebagai efek kosmetik daripada efek kesehatan yang merugikan. Dari ribuan studi para ilmuwan yang kredibel dalam penelitian fluoridasi, tidak menunjukkan masalah kesehatan yang terkait dengan konsumsi fluoridasi air secara optimal.

.

Apakah fluoridasi air dilarang di Eropa?

Tidak ada satu pun negara di Eropa yang melarang fluoridasi air.

Klaim bahwa fluoridasi dilarang di Eropa sering digunakan oleh komunitas yang anti fluoridasi. Sebenarnya, negara-negara Eropa membuat peraturan tentang kualitas air mereka sendiri dalam kerangka Pedoman Kualitas Air Eropa 1980. Pedoman tersebut memberikan konsentrasi maksimum yang dapat diterima untuk berbagai zat, salah satunya adalah fluoride. Pedoman tersebut tidak memerlukan atau melarang fluoridasi, tapi mensyaratkan bahwa konsentrasi fluoride dalam air tidak melebihi kadar maksimum.

Banyak sistem fluoridasi di Eropa Timur dan Tengah tidak berfungsi dengan baik dan ketika Iron Curtain (Tirai Besi) yang jatuh pada tahun 1989-1990, ditutup karena peralatan teknis usang dan kurangnya pengetahuan mengenai manfaat air berfluoride. Air fluoridasi tidak praktis di banyak negara Eropa karena sistem air yang kompleks dengan sumber-sumber air yang banyak. Sebagai alternatif untuk fluoridasi air, negara-negara Eropa memilih untuk menggunakan suplemen fluoride atau fluoridasi garam.

Sekali lagi, tidak ada satu pun negara di Eropa yang menerapkan “larangan” fluoridasi air, itu hanya karena belum diimplementasikan untuk berbagai alasan teknis, hukum, keuangan atau politik.

Tindakan politik yang bertentangan dengan rekomendasi dari otoritas kesehatan tidak harus ditafsirkan sebagai respon negatif terhadap fluoridasi air. Sebagai contoh, meskipun fluoridasi tidak dilakukan di Swedia dan Belanda, kedua negara tersebut mendukung rekomendasi WHO tentang fluoridasi sebagai ukuran kesehatan preventif (pencegahan), di samping penggunaan pasta gigi fluoride, obat kumur dan suplemen makanan yang berfluoride.

.

Kontroversi Fluoridasi Air

Di internet, kita temukan ada banyak situs yang anti fluoridasi. Tapi tidak ada satu pun yang berasal dari badan resmi kedokteran atau badan pemerintah (lokal, nasional atau internasional). Pada  umumnya situs-situs tersebut dibuat oleh perorangan atau kelompok-kelompok warga masyarakat.

Sedangkan, dalam badan-badan kedokteran resmi, badan-badan kesehatan  pemerintah atau badan kesehatan internasional, semuanya menyatakan bahwa fluoridasi telah terbukti bermanfaat selama puluhan tahun untuk kesehatan gigi, dan tidak ada bukti-bukti mengenai bahayanya.

Adapun pernyataan badan-badan kesehatan/kedokteran resmi, baik pemerintah maupun non-pemerintah, diantaranya:

Situs U.S. CDC (Centers for Disease Control & Prevention), yang merupakan bagian dari Kementerian Kesehatan A.S. Yang berjudul:  “Recommendations for Using Fluoride to Prevent and Control Dental Caries in the United States.”

Dokumen ini disusun oleh 11 dokter gigi (dosen) di berbagai universitas di Amerika Serikat dan dikaji ulang oleh tidak kurang dari 22 dokter gigi (dosen) atau peneliti dari berbagai universitas dan badan penelitian di Amerika Serikat dan mempunyai  270 referensi.

AMA – American Medical Association (Persatuan Dokter Amerika Serikat). Kebijaksanaan AMA tentang fluoridasi air minum yang berupa H-440.972 Statewide Fluoridation dan H440.945 Fluoride Content of Municipal Water Supplies.

ADA – American Dental Association (Persatuan Dokter Gigi Amerika Serikat) secara jelas menjelaskan tentang fluoridasi air tesebut dalam Fluoridation Facts.

CDA – Canadian Dental Association (Persatuan Dokter Gigi Kanada), juga mendukung fluordasi air minum. Bisa dilihat pada Canadian Experts Stand Up For Water Fluoridation .

BMA – British Medical Association (Persatuan Dokter Inggris), juga demikian. Terdapat dalam Fluoridation of water .

Bahkan WHO (World Health Organization ) yang merupakan Organisasi Kesehatan Sedunia juga mendukung hal tersebut. Dapat dilihat dalam topik Strategies and approaches in oral disease prevention and health promotion .

.

Pesan saya secara pribadi, berhati-hatilah membaca situs-situs perorangan/privat yang tidak jelas kredibilitasnya dan motifnya, betapa pun tampak ilmiahnya karena mereka memanfaatkan credulity kita (kecenderungan untuk percaya begitu saja tanpa kritis); ratusan situs seperti itu terpampang di internet.

.

.

Referensi:

Hudoyo Hupudio : [Dharmajala] Re: Fwd: Bahaya Fluoride.

ADA (American Dental Association) : Fluoridation Facts.

.

6 responses »

  1. LADY mengatakan:

    boleh kirim journal terbaru tentang bab ini gak???
    makasih….

    Suka

  2. lelaki hujan mengatakan:

    saya sikat gigi 2x seminggu, istri saya sikat gigi 2x sehari,,
    dalam 8 bulan terakhir, kami pergi ke dokter gigi utk regular check up,,
    guess what?
    ada banyak plak dan geraham istri saya ternyata berlubang, sedang gigi saya alhamdulillah dinyatakan sehat hanya sedikit kusam,,

    rahasianya apa?
    bukan fluoride yg menyehatkan gigi saya, tapi kebiasaan mengkonsumsi & berkumur dg ekstrak daun sirih dicampur air peresan jeruk nipis,,
    jg kebiasaan minum air lebih dari 12 gelas per harinya,,
    saya tipe orang yg tidak percaya sebelum bereksperimen, dan ternyata setelah 8 bulan lebih, saya menyimpulkan bahwa fluoride tidak begitu berbahaya tapi fluoride hanya tidak berguna,,

    Suka

    • Ani mengatakan:

      Anda memang betul, tidak hanya fluoride yang menyehatkan gigi. Karena ada beberapa faktor lain pula yang mempengaruhi kesehatan gigi, di antaranya: Saliva (Air ludah), diet, fluorida, biofilm, dan faktor lain yang mempengaruhi seperti seberapa sering melakukan pemeriksaan dan perawatan ke dokter gigi, kebiasaan hidup dan status sosial ekonomi.

      Mengenai berkumur dengan ekstrak daun sirih dicampur air peresan jeruk nipis, saya baru mendengar tentang itu, sepertinya saya perlu mempelajarinya. Saya sarankan jangan sering-sering berkumur dengan perasaan air jeruk nipis, tentunya tingkat keasamannya tinggi sehingga lama kelamaan dapat membuat gigi menadi sensitif.

      Adapun wanita, seberapa pun mereka merawat kesehatan mulutnya, mereka sudah dikodratkan untuk memiliki nilai kerentanan yang berlebih dibandingkan para lelaki. Ini karena para wanita selalu mengalami perubahan hormon yang unik yang tidak dialami oleh para lelaki. Selengkanya bisa di baca di WANITA LEBIH RENTAN TERHADAP MASALAH ‘KESEHATAN MULUT’.

      Semoga membantu ya Pak.

      Suka

  3. Niken Septia Nita mengatakan:

    # Flouridasi air minum yang berlebihan merupakan salah satu penyebab terjadinya Enamel dysplasi … : )

    Assalamu’alaikum kak Ani….
    Kaifa halluk’..?
    sdh lama tak jumpa……
    pasti sdh punya adik kecil ya kak….?
    wah…. jadi ingin lihat adik kecilnya…………………

    kesibukkan di kampus membuat ana tidak sempat2 main ke kosan kenari…. padahal ingin banget… kangen dengn orang dan suasana di sana…

    ohy, ana ingin membeli buku2 terbitan pustaka salafiah.. di mana ya kak….?
    ana sdh dapat alamat toko buku yg menjual buku2 salafi… tp itu di depok… klo di jakarta ada nda kak…?
    ana butuh secepatnya kak…..
    ana bleh minta no Hp kak ani…? biar lebih gampang nanti…

    ohya, satu lagi… ana juga sdh buat blog… tapi masih belajar…
    he…he..he..
    Mhon berbagi ilmunya….

    Jazakumullah khair…
    ^_^

    Suka

    • Ani mengatakan:

      Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh.
      Alhamdulillah bikhoir.
      Hem, masih dalam perut, mohon doanya ya. ^ ^

      Niken apa kabar? Apa sudah ada dede kah?
      Toko buku Islam ada kok di senen. masih inget ga gang masuknya toko buyung yang dulu? Nah letaknya toko buku itu sebelum masuk gang sebelah kiri. Kak ani lupa nama toko bukunya.

      Nomor hp nanti kak ani kirim via email aja ya. Oh, punya blog, nama blognya apa niken?
      Kak ani sekarang agak jarang ngeblog karena sinyal di sini lambat banget. Rencana mau cari jaringan baru yang cepat.

      Wa jazakillahu khayr.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s