.

The American Dental Association merekomendasikan kepada wanita hamil untuk menjaga kesehatan gigi mereka. Hal ini, selain untuk menjaga kesehatan gigi mereka, juga untuk menjaga kesehatan anak mereka yang belum lahir.

Dalam hasil penelitian yang diterbitkan dalam edisi Juni 2008 Journal of the American Dental Association mengungkapkan bahwa perempuan yang hamil antara 13-21 minggu penting untuk mendapatkan perawatan gigi.

Pada penelitian tersebut, para peneliti membandingkan catatan medis dari sekelompok wanita hamil yang menerima perawatan gigi dengan wanita hamil yang tidak menerima pengobatan tersebut.

para peneliti mencari peristiwa-peristiwa buruk seperti kematian saat kelahiran, perawatan di rumah sakit, janin atau anomali kongenital dan keguguran.

Akhirnya, para peneliti menyimpulkan bahwa untuk perawatan gigi dengan kavitas (lubang) yang sedang sampai dalam atau abses gigi tidak membahayakan kesehatan perempuan yang hamil antara 13-21 minggu maupun kesehatan bayi mereka.

“Penggunaan anestesi topikal dan lokal untuk scaling dan root planing (pembersihan karang gigi) juga tidak berhubungan dengan peningkatan risiko mengalami peristiwa-peristiwa buruk tersebut,” tambah mereka.

Namun, Akademi Kedokteran Gigi Umum merekomendasikan bahwa sebaiknya wanita hamil menunda semua prosedur gigi  mereka sampai setelah mereka melahirkan.

.

Catatan:

Tim peneliti dipimpin oleh Dr Bryan Michalowicz, profesor Periodonti, University of Minnesota School of Dentistry, Minneapolis.

.

.

Sumber :

http://www.dentalplans.com/ dalam topik Study Essential Dental Care Safe for Pregnant Women

http://www.sciencedaily.com dalam topik Essential Dental Treatment Safe For Pregnant Women, Says New Study

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s