PRESS RELEASE

PENGURUS BESAR IKATAN DOKTER INDONESIA

.

.

Beredarnya rumor berupa statement IDI yang berbunyi sebagai berikut :

” Saat ini sedang ada wabah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang. Jangan minum produk : extra joss, M-150, kopi susu gelas, Kiranti, Krating Daeng, Hemaviton, Neo Hormoviton, Marimas, Hore, Frutillo, Segar Sari, Pop Ice, Segar Dingin Vit C, Okky Jelly Drink, Inaco, Gatorade, Nabati, Adem Sari, Naturade Gold, Aqua Splash. Karena mengandung Aspartame racun yang menyebabkan diabetes, kanker, dan bisa mematikan”

Ditegaskan bahwa ini bukan statement IDI.

PB IDI tidak pernah mengeluarkan pernyataan secara lisan maupun via sms. Setiap pernyataan yang dikeluarkan secara resmi oleh organisasi selalu dikeluarkan secara tertulis dengan menggunakan kop resmi organisasi dan ditanda tangani oleh Ketum dan Sekretaris Jenderal.

Demikian kami sampaikan untuk dapat diketahui dan disebarluaskan.

.

.

Sumber : http://idionline.org dalam Topik Rumor Bahaya Aspartam Bukan Statement IDI

10 responses »

  1. iwan setiawan mengatakan:

    bismillah,ana msh bingung dgn statement IDI trs tanggapan dari sms itu gmn?jazakallah

    • Ummu Dzilqarnain mengatakan:

      Sudah dijelaskan di atas bahwa sms yang beredar bukan idi yang mengedarkannya.

      PB IDI tidak pernah mengeluarkan pernyataan secara lisan maupun via sms. Setiap pernyataan yang dikeluarkan secara resmi oleh organisasi selalu dikeluarkan secara tertulis dengan menggunakan kop resmi organisasi dan ditanda tangani oleh Ketum dan Sekretaris Jenderal.

  2. sakde mengatakan:

    jadi biNgung

  3. ummu faqih mengatakan:

    ana jadi bingung barusan si abi dapat sms yg bunyinya seperti itu jd hrs bagaimana? lebih aman ga usah minum yg begituan kali yah biar sehat minum air putih aja

  4. Daud mengatakan:

    PRESS RELEASE

    BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA
    TENTANG
    BANTAHAN ATAS BERITA TERKAIT DENGAN KEAMANAN ASPARTAM

    Nomor: KH.00.01.1.0800
    Jakarta, 12 Februari 2010

    Sehubungan dengan maraknya berita terkait dengan bahaya penggunaan Aspartam, Badan POM memandang perlu memberi penjelasan sebagai berikut:

    Sehubungan dengan adanya berita yang menyebar melalui pesan singkat/sms (short message service) mengenai bahaya penggunaan Aspartam yang disebutkan bersumber dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan ini diberitahukan bahwa sesuai dengan informasi dari Sekretaris Eksekutif – IDI bahwa IDI tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang hal tersebut.

    Aspartam dikategorikan aman berdasarkan Keputusan Codex stan 192-1995 Rev. 10 Tahun 2009. Codex Alimentarius Commision (CAC) adalah Lembaga Internasional yang ditetapkan FAO/WHO untuk melindungi kesehatan konsumen dan menjamin terjadinya perdagangan yang jujur.
    Dalam pengaturan Codex disebutkan bahwa Aspartam dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman antara lain minuman berbasis susu, permen, makanan dan minuman ringan.

    Penggunaan Aspartam dalam makanan dan minuman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dapat digunakan dengan batas maksimum penggunaannya masing-masing.

    Dihimbau kepada masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau email ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau Layanan Informasi Konsumen di Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

  5. krisllua mengatakan:

    Yang nyebar2 sms,email atw BM hoax kyk bgini g sumpahin malah kena sendiri!!!
    Kesel bgt,bikin resah warga aza tuh…
    Bwt yg pny blog makasi bnyk yah atas penjelasannya…terus berjuang untuk menghapus hoax2 yang beredar

  6. Yan Du mengatakan:

    Menarik sekali dari artikel spt AKHIR ZAMAN dll serta HOAX HARI INI dan tanggapan dari rubrik ini mengenai bhn ASPARTAM.
    Ada yg hendak saya tanyakan:
    1. Apakah IKATAN DOKTER INDONESIA sdh mengadakan penyelidikan sendiri utk aspartam ini?
    2. Dasar pertanyaan berikut dari peringatan FDA yg disampaikan oleh HOAX HARI INI: Carefully controlled clinical studies show that aspartame is not an allergen. However, certain people with the genetic disease phenylketonuria (PKU), those with advanced liver disease, and pregnant women with hyperphenylalanine (high levels of phenylalanine in blood) have a problem with aspartame because they do not effectively metabolize the amino acid phenylalanine, one of aspartame’s components. High levels of this amino acid in body fluids can cause brain damage. Therefore, FDA has ruled that all products containing aspartame must include a warning to phenylketonurics that the sweetener contains phenylalanine.

    2.a. Apakah orang awam tahu bhw tubuhnya tdk ber genetic penyakit PKU, dan tdak ada liver problem shg aman utk mengkonsumsi aspartam?
    2.b Pertnyataan FDA High levels of this amino acid in body fluids can cause brain damage. Pertanyaannya: apakah hanya wanita yg mengandung tersebut di atas bila tinggi kandungan amino acid yg ada di aspartam tinggi dlm darahnya saja yg dpt menyebabkan kerusakan otak? Artinya siapa saja tdk bermasalah kecuali wanita yg mengandung dg hyperphenylalaninen dia boleh mengkonsumsi aspartam hingga tinggi amino acid dr aspartam dlm darahnya.
    3. Mengingat anak2 tidak bisa dikontrol utk memakan spt permen yg mengandung bhn aspartame dan EXTRA JOSS, produk-produk minuman lainnya yang juga mengandung ASPARTAME yaitu M-150, Hemaviton, Neo Hormoviton, Marimas, Hore…, Frutillo, Segar Sari, POP ICE Es Blender, Segar… Dingin, OKKY Jelly Drink, Sari Vit C, Naturade Gold, AQUA Splash of Fruit, FORTY PLUS dll. Lalu pertanyannya: apakah PENGURUS BESAR IKATAN DOKTER INDONESIA dan BPOM dapat menjamin bhw mengkonsumsi produk yg mengandung bhn aspartam ini aman?

    Terimakasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s