Oleh : Abu Dzulqarnain


Saat ini sangat banyak tawaran menggiurkan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar, mendadak kaya dalam waktu singkat, tanpa harus bekerja keras, seperti bisnis konvensional pada umumnya. hati-hatilah dengan tawaran seperti ini. Bisa jadi anda terjebak dalam penipuan, bisnis money game, arisan berantai, bisnis sistem piramida.

Bisnis berbau money game saat ini sangat marak di Indonesia, hingga mencapai jutaan member. Mereka memanfaatkan kebodohan masyarakat dan angan-angan ingin cepat kaya serta kurangnya pemahaman ilmu dien khususnya masalah perniagaan.


Bisnis seperti ini memiliki bentuk, produk, dan sistem yang beragam, tapi intinya adalah permainan uang.


Ciri-ciri bisnis money game yang marak saat ini adalah:


1. Setiap calon member diwajibkan membeli hak usaha (biaya keanggotaan)

Member yg baru tidak mendapatkan apa-apa dari uang pendaftaran yg mereka keluarkan, atau mendapatkan produk tapi tidak sesuai dengan biaya hak usaha yang member keluarkan. Uang pendaftaran  ini akan dibagikan kepada upline yang telah ‘bekerja’ merekrut member baru.


2. Produk hanyalah sebuah kedok untuk melegalkan usaha mereka…!

Produk hanyalah tameng untuk mendapatakan izin usaha, penjualan dan kualitas produk tidak diprioritaskan, bonus dari penjualan produk sangat kecil dan bukan menjadi prioritas para  member untuk memperbanyak jualan produk.


3. Bonus terbesar yang didapatkan dari bisnis ini adalah mendapat anggota/downline baru sebanyak mungkin.

Tujuan utama mereka tidaklah ingin memasarkan/menjual produk ‘unggulan’ mereka, tapi mendapatkan anggota baru. Dengan support sekolah bisnis, mereka mendidik member untuk menjadi sales Hak Usaha/Keanggotaan, bukan agen produk. Dengan kata lain mengajarkan member untuk dapat member.


4. Member baru dibujuk membeli lebih dari 1 hak usaha

Hak Usaha/Keagenan yang ditawarkan tidak cuma satu, tapi banyak, member baru dibujuk membeli sebanyak-banyaknya dengan kedok investasi. Member tidak akan mendapatkan apa-apa dari tambahan hak usaha melainkan  hanya mendapatkan tambahan ‘harapan’ untuk jadi kaya.


5. Member yg menjadi leader  lebih banyak dapat bonus, meskipun sudah pasif

Ini ciri khas money game, member bergabung lebih dulu akan menikmati hasil yang ‘melimpah’, dari hasil kerja keras para downline mereka, sementara downline hanya mendapatkan mimpi dan angan-angan dari para leader.


6. Bisnis ini akan tutup (bangkrut) ketika tidak ada lagi yang ikut bergabung

Mayoritas bisnis ini tidak bertahan lama, karena pendapatan terbesar mereka adalah dari pendaftaran member baru, sementara produk yang mereka pasarkan kalah bersaing, mahal dan kadang-kadang kurang dibutuhkan.

Bila mereka sudah stagnan, maka mereka mengganti ‘wajah’ bisnis mereka dengan sistem yg baru, dan selalu berhasil mendapatkan ‘korban’ yang banyak.


7. Impian dan kesuksesan yang mereka tawarkan, sangat berlebihan, jauh dari kenyataan dan sebagiannya lagi kebohongan

Setiap presentasi yang mereka paparkan selalu menampilkan sosok yang sukses, padahal hanya segelintir orang (sukses di atas penderitaan ribuan downline), dengan cara seperti ini orang akan sangat mudah tertarik. Padahal sungguh sangat tidak realistis semua orang bisa kaya dari bisnis member get member.


Berdasarkan ini semua, maka system bisnis semacam ini tidak diragukan lagi keharamannya, karena beberapa sebab yaitu :

1. Ini adalah penipuan terhadap anggota

2. Transaksi tanpa ada barang yang diperjual belikan. produk hanyalah kedok.

3. Merupakan bentuk lain dari perjudian karena sifatnya untung-untungan, seseorang bisa dapat harta tanpa bekerja.

4. Di negara maju meskipun non muslim bisnis semacam ini sudah dilarang karena sistem seperti ini adalah sebuah permainan dan penipuan,  bisa membahayakan perekonomian nasional baik bagi kalangan individu maupun bagi masyarakat umum.


Kesimpulannya : Bisnis berbau money game adalah alat untuk memancing orang-orang yang sedang mimpi di siang bolong menjadi jutawan. Bisnis ini adalah memakan harta manusia dengan cara yang bathil, juga merupakan bentuk spekulasi. Dan spekulasi adalah bentuk perjudian.


Semoga kita tidak terjebak dalam impian semu bisnis semacam ini dan berusaha mencari rizki yang halal untuk diri dan keluarga kita.


One response »

  1. setiawan mengatakan:

    setuju sekali. mari kita informasikan kepada teman-teman, kepada masyarakat (terutama masyarakat online) tentang buruknya money game. banyak sekali praktik ini (terutama di internet) dengan berbagai modus-modus baru. ini bukan bisnis, ini pembodohan. mudah2n dalam waktu yang tidak lama lagi, akan ada UU Antipiramida yang benar-benar akan memberangus kegiatan ini. saya juga sedang menulis banyak artikel tentang money game, arisan berantai, skema berantai dan semacam itu, salam kenal ya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s