jasmine2

.

Subhanallah….. Allah Ta’ala menganugerahkan gigi di dalam mulut kita. Karena dengan adanya gigi sungguh banyak manfaatnya, diantaranya membantu kita dalam mengunyah makanan dan membentuk sebuah kata sehingga memudahkan kita berbicara dengan indahnya. Coba pikir deh teman-teman, kehilangan satu gigi aja bikin kita jadi ribet, mulai dari ribet makannya, ngomongnya, ampe kadang-kadang malu tersenyum dan tertawa, hehe,,,

.

Pernahkah kita mempertanyakan, kapan ya gigi susu-ku tumbuh? Kapan ya gigi susu-ku tanggal? Kapan ya gigi tetapku tumbuh? Bakal tanggal ga ya gigi tetapku? (Pertanyaan terakhir, jangan sampai ya).

.

Biar teman-teman tahu…., maka, akan saya informasikan dalam artikel ini.

.

Gigi pertama yang tumbuh saat kita masih bayi disebut gigi susu. Jumlahnya ada 20 gigi, yang mulai tumbuh saat berusia 6 bulan. Semua gigi (maksudnya 20 gigi tersebut) akan tampak semuanya di dalam mulut ketika kita berusia sekitar 2-2,5 tahun. Dan, sekitar umur 6 tahun, jangan kaget jika gigi adik atau anak kita ada yang goyang, itu karena sudah masanya untuk tanggal kok.

.

Selanjutnya, satu demi satu gigi susu akan tanggal dan digantikan dengan gigi tetap, biasa juga disebut dengan gigi dewasa. Disebut demikian karena gigi tersebut akan tertanam di dalam mulut seumur hidup sampai ajal menjemput kita (Jadi dijaga baik-baik ya). Jumlahnya ada 32 gigi. Gigi tetap kita akan mulai tumbuh dimulai ketika kita berusia 6 tahun. Dan akan tumbuh lengkap sampai kita berumur sekitar 18-25 tahun.

.

Biar jelas, silahkan liat gambar ilustrasi di bawah ini :

.

Sketsa pertumbuhan ‘Gigi Susu’

gigi susu

.

Sketsa pertumbuhan ‘Gigi Tetap’

gigi

3 responses »

  1. Desie Dwi mengatakan:

    Jazakillah khoir atas penjelasannya ya bu Dokter, semoga bermanfaat. Aamiin…
    Boleh di link niy Ni di blog Dsi?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s