Bau mulut yang dalam istilah kerennya nih biasa disebut ‘halitosis’ merupakan bau yang tidak sedap yang keluar dari mulut kita. Mayoritas penyebabnya berasal dari kurangnya kita menjaga kebersihan gigi dan mulut seperti adanya gigi berlubang, sisa akar gigi, karang gigi, peradangan pada gusi (gingivitis) atau penggunaan gigi palsu yang tidak benar dan xerostomia (mulut kering).

pic_top.gif


Kita-kita yang sedang berpuasa pun mulutnya bisa bau loh. Hal ini dimungkinkan karena sejak berpuasa lambung dalam keadaan kosong. Keadaan lambung kosong serta hawanya yang keluar lewat mulut menimbulkan bau tidak sedap.

Bagi teman-teman yang senang dengan makanan yang berbau khas, seperti petai, durian, bawang merah, bawang putih dan makanan lain yang biasanya mengandung senyawa sulfur, harus hati-hati nih, karena makanan tersebut dapat pula menyebabkan bau mulut. Selain itu, hampir pada semua orang mengalami masalah bau mulut saat bangun tidur di pagi hari, tapi ini hanya bersifat sementara kok, karena mulut kering selama kita tidur.

Adapun penyebab lainnya, bisa disebabkan oleh penyakit kronis seperti peradangan tonsil, penyakit saluran pencernaan, bronchitis, sinusitis, sirosis hati dan diabetes mellitus.

Bau mulut paling utama asalnya dari gigi dan mulut kita. Jadi prioritas pertama adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Caranya….

  • Sikat gigi 2-3 kali sehari, terutama pagi sejam setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.
  • Membersihkan celah-celah di antara gigi dengan menggunakan benang pembersih yang terkenal dengan sebutan dental flosh.
  • Membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah.
  • Menggunakan obat kumur antiseptik (chlorexidine) maksimal penggunaanya selama 2 minggu.

Tapi… Jika bau mulut masih ada sedangkan kita rajin banget nih menjaga kebersihan gigi dan mulut, trus gak makan makanan yang berbau khas, dan gak sedang puasa, sebaiknya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter gigi. Dan jika bau mulut yang dialami memang bukan dari gigi dan mulut, maka akan dirujuk ke dokter keluarga kita atau ke rumah sakit (untuk diselidiki apakah ada keterkaitan dengan penyakit kronis).

10 responses »

  1. Desie Dwi mengatakan:

    Benar ga siy Ni kalo halitosis ini diturunkan? Trus, yang sekarang lagi menjamur tuh kan iklan berkumur pakai abotil untuk ngilangin halitosis, boleh ga? Soalnya dulu pernah dengar dari teman samping kamarku, kalau make abotil tu (buat sariawan maupun halitosis) bisa merusak jaringan sehat di sekitar gigi dan mulut kita.
    Jazakillah khoir jawabannya ya…

    Suka

    • Ummu Dzulqarnain mengatakan:

      Ani baru dengar tuh halotosis diturunkan…. halitosis itu bukan penyakit, tapi merupakan dampak dari suatu penyakit. Jadi bukan halitosisnya yang diturunkan tapi penyakitnya mbak. Mengenai pemakaian obat kumur ada batasnya, maksimal 2 minggu dan itu sebaiknya berdasarkan anjuran dokter gigi. Yah…. walau iklannya jitu, belum tentu efeknya jitu juga khan mbak…..

      Suka

  2. Ummu Aisyah mengatakan:

    quote:
    Menggunakan obat kumur antiseptik (chlorexidine) maksimal penggunaanya selama 2 minggu.

    maksudnya bagaimna ni ukh?

    kita pake obat kumur 2 minggu sekali, atau cuma boleh selama 2 minggu aja pake obat kumur?

    syukron ats penjelasannya.

    Oia, habbatus sauda (yang minyaknya) juga bisa menghilangkan bau mulut kan ya?

    Barokallahu fiik.

    Suka

    • Ummu Dzulqarnain mengatakan:

      Menggunakan obat kumur sebaiknya berdasarkan anjuran dokter gigi. Jika tidak dianjurkan, sebaiknya jangan digunakan. Adapun pemakaiannya maksimal selama 2 minggu saja, dan ini berdasarkan anjuran dokter gigi, bukan inisiatif beli sendiri ya.

      Pemakaian obat kumur yang berlebihan maka dapat menyebabkan efek samping. Bukannya malah menghambat perkembangan dan membunuh bakteri, tapi hanya akan mengganggu flora normal di dalam mulut, sehingga dapat memunculkan bau mulut khas dengan bau yang berbeda. Apalagi, obat kumur mengandung alkohol, penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan mulut menjadi kering dan dapat menimbulkan iritasi di dalam mulut, sehingga beresiko terjadinya kanker di dalam mulut. Selain itu, alkohol dapat pula mengganggu kerja indera pengecap.

      Mengenai minyak Habbatussauda, di liat dari kemasannya sih memang demikian, dapat menghilangkan bau mulut. Mengenai detailnya wallahu’alam, tapi melihat kandungannya insya Allah bermanfaat dan hadits Rasulullah pun menyatakan demikian.

      Semoga jawabannya bermanfaat ya.

      Wa fiyk barakallahu.

      Suka

  3. Desie Dwi mengatakan:

    Emang penyakit apa Ni yang diturunkan dan salah satu gejalanya adalah halitosis? Kalo obat kumur seperti listerin, jg hrs maks pemakaian 2 mgg Ni?
    “Harus brdsrkn anjuran dokter gigi”, padahal dijual bebas dan di label listerin tertera :Gunakanlah mouthwash setelah menyikat gigi 2 kali sehari, Persatuan Dokter Gigi Indonesia”.Jd gmn Ni?
    O iya kalo mo pasang prosto satu gigi berapa harganya ya Ni? Di Jember dibilang 3 juta, ehmm…it’s too expensive [Mbak Desie tersenyum]

    Suka

    • Ummu Dzulqarnain mengatakan:

      Seperti penyakit DM mbak. Detailnya tentang penyakit DM tentu mbak lebih tahu…
      Ya, semua jenis obat kumur mbak. Hehe, teori yang saya dapatkan seperti itu…
      Mengenai harga tergantung penetapan harga masing-masing tempat. Kalo kami sebagai anak klinik tentunya paling murah, hehe, khan kami ga ada biaya jasa, hanya biaya bahan dan pembuatannya saja.

      Suka

  4. Desie Dwi mengatakan:

    Afwan nanya lg, biasanya berapa ya Ni kalo ke dokter gigi? Mungkin Ani pernah dengr rata-rata berapa. Jadi biar ada patokan, kali ditawar bisa, hehe…
    Jazakillah khoir.

    Suka

    • Ummu Dzulqarnain mengatakan:

      hem… mbak, gigi palsunya yang permanen ato yang lepasan?
      Kalo yang permanen, wajar sih mbak. Kami aja tanpa jasa sekitar hampir 2 juta.
      Kalo yang lepasan murah mbak, cuma ratusan ribu apalagi cuma satu gigi, palingan paling mahal 500 ribu.
      Tapi ani saranin yang permanen aja mbak coz yang ilang cuma satu gigi.
      Jazakillah Khairan.

      Suka

  5. Desie Dwi mengatakan:

    Insya Alah yg permanen Ni. Cuma ya gitu, koq mahal ya… Mdh2an bs ditawar jd 2 juta ya, soalnya biar ga nombok, klaimx cuma 2 jt.
    Wah… kl ke Jkt hrs nambah ongkos & mahal di akomodasinya dong ^^
    Btw… dh lepas kawat gigi Ni?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s