Untuk sebagian orang, ada yang beranggapan bahwa mencuci tangan sebelum makan itu gak perlu, toh tangan kita bersih tanpa kotoran. Yah… emang, bardasarkan kenyataan dari pandangan mata kita, tangan tampak bersih, tapi apa benar-benar bersih…..???


hand-in-sand-590


Ingat, kuman ada dimana-dimana loh, dan tentu saja bisa hinggap di tangan kita. Selain itu, kuman pun dapat berpindah dari tangan satu orang ke orang lain baik melalui kontak langsung atau pun melalui perantara berupa barang.

Kuman itu sangat sangat sangat kecil, gak mungkin telihat hanya dengan bola mata kita, jadi jangan salah… tangan yang tampak bersih… belum tentu bersih….

Ada juga sih yang sudah tahu….. tapi penerapannya nih yang belum bener…..

Kebanyakan bapak-ibu kita nih yang di kampoeng ato yang udah tinggal di kota tapi masih menerapkan tata cara makan ala kampoeng, tentunya tiap makan tak akan lupa sama mangkuk pencuci tangan. Huhu… ga salah sih, tapi jika hanya cuci tangan dengan air saja itu tidak akan efektif untuk membasmi kuman-kuman yang berdiam di tangan kita. Jadi, mencuci tangan yang efektif itu dengan menggunakan air dan sabun antiseptik.

Intinya, saya secara pribadi dan pakar-pakar kesehatan yang pastinya mahir dalam bidang ini akan menganjurkan kita semua untuk mencuci tangan sebelum makan. Jika sudah menjadi kebiasaan, itu gak akan terasa ribet lagi untuk kita kerjakan.


Adapun teknik mencuci tangan yang benar sebagai berikut :


washing_hands


  • Basahi tangan kita sampai bersih dan rata dengan air bersih yang mengalir.
  • Beri sabun sampai berbusa secukupnya dengan sabun batang / cair yang dapat membunuh kuman.
  • Usap-usap kedua telapak tangan kita sampai rata.
  • Usap kedua bagian punggung tangan sampai merata.
  • Bersihkan jari dan kuku jari sampai bersih.
  • Bilas dengan air bersih yang mengalir sampai busa sabun tidak ada yang tersisa.
  • Lap tangan kita dengan lap tangan atau tisu (sekali pakai) yang bersih sampai kering.
  • Gunakan siku kita untuk menutup kran air atau bisa juga menggunakan lap/tisu tadi untuk menutupnya.

Sumber gambar :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s