Gigi impaksi adalah gigi yang gagal tumbuh secara normal pada lengkung gigi. Gigi yang paling sering impaksi adalah gigi bungsu. Ini karena gigi bungsu merupakan gigi terakhir yang tumbuh sehingga sering kekurangan ruang untuk tempat tumbuhnya.

Gigi bungsu juga dikenal sebagai geraham ketiga, yang merupakan gigi terakhir yang tumbuh di dalam mulut. Gigi bungsu tumbuh pada usia 17 – 25 tahun. Sebagian besar orang memiliki empat gigi bungsu: kiri atas, kanan atas, kiri bawah dan kanan bawah. Gigi bungsu ini dapat bermanfaat jika tumbuh normal, tapi gigi ini lebih sering tumbuh tidak normal.


Kenapa Gigi Bungsu Sering Impaksi?

Mengapa gigi bungsu menjadi impaksi bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Penyebab utamanya karena tidak adanya ruang yang memadai di belakang gigi geraham kedua. Mengapa kurangnya ruang yang ada, sampai saat masih belum dipahami sepenuhnya.

Berdasarkan dari hasil penelitian dengan membandingkan orang zaman purba dan orang modern, dikatakan bahwa orang zaman purba terbiasa makan makanan yang keras sehingga penggunaan gigi dalam pengunyahan sangat maksimal, hal ini yang merangsang pertumbuhan tulang rahang yang lebih besar, sehingga memberikan lebih banyak ruang untuk gigi bungsu. Sedangkan saat ini, kebanyakan orang lebih sering makan makanan yang lunak.

Selain itu, orang zaman purba kebanyakan giginya rusak dan bahkan hilang. Karena kehilangan gigi tersebut, gigi yang berada di belakannya cenderung bergerak maju. Pergeseran ini akan membuat lebih banyak ruang yang tersedia untuk gigi bungsu. Sedangkan saat ini sudah ada kedokteran gigi modern yang mampu merawat gigi yang rusak dan bahkan yang hilang.

Penyebab lainnya, bisa karena posisi gigi tetangganya, kepadatan tulang atau jaringan lunak berlebih yang menutupinya.


Apakah Harus Diambil? Kenapa?

Dokter gigi atau dokter bedah mulut merekomendasikan agar gigi bungsu harus dicabut bahkan sebelum kondisinya menjadi lebih serius. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa sakit yang lebih lanjut atau semakin rumitnya pencabutan yang mungkin harus dilakukan beberapa tahun kemudian.

Gigi impaksi dapat menimbulkan rasa sakit dan mengakibatkan infeksi. Dan dapat merusak gigi atau akar gigi sebelahnya. Dan bahkan dapat menjadi lebih serius dengan munculnya kantung yang mengelilingi gigi yang impaksi yang berisi cairan dan membesar yang disebut dengan kista. Pada kasus yang jarang, jika kista tidak diobati, maka akan menjadi tumor sehingga diperlukan prosedur pembedahan untuk pengambilannya. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan komplikasi ini akan terjadi. Diperkirakan sekitar 85% dari gigi bungsu perlu diambil.

Dan dalam sebuah studi baru-baru ini yang disponsori oleh the American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons and the Oral and Maxillofacial Surgery Foundation menemukan bahwa gigi bungsu yang menembus jaringan dan tumbuh di dalam mulut dalam posisi normal ternyata juga rawan terhadap penyakit seperti yang terjadi pada gigi bungsu yang impaksi.


Kapan Sebaiknya Diambil?

Tidaklah bijaksana jika melakukan perawatan ketika gigi geraham bungsu baru mulai mengganggu. Secara umum, pengambilan lebih dini akan memudahkan proses penyembuhannya. Dalam penelitian American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons and the Oral and Maxillofacial Surgery Foundation (AAOMS/OMSF) sangat menganjurkan untuk mengambil gigi bungsu pada saat remaja (usia 17-18 tahun) dalam rangka mencegah munculnya masalah di masa yang akan datang dan untuk memastikan penyembuhan yang optimal. Para peneliti menemukan bahwa pasien yang lebih tua lebih berisiko mengalami gangguan, termasuk peradangan gusi.



Referensi :

About these ads

59 responses »

  1. bunga mengatakan:

    umurku 18 tahun, kemarin saya ke dokter gigi untuk perawatan, lalu dokternya mengatakan gigi paling belakang kiri kanan harus dbawa ke bedah mulut padahal belum di rontsen . tapi setelah saya melihat gigi saya memang ada gigi geraham paling belakang tumbuh hanya 1/2..trus apakah saya harus di ronsen dulu atau bagaimana?
    tapi sebenarnya gigi belakang saya ini pernah ngilu tapi gak terlalu sering banget. dan apakah itu benar adanya impaksi…

    • Ani mengatakan:

      Jika dokter gigi dek Bunga menganjurkan ke bedah mulut, sebaiknya begitu, nanti dokter gigi bedah mulut yang akan merujuk dek Bunga untuk foto ronsen. Gigi itu dikatakan impaksi jika tumbuhnya tidak sempurna, termasuk gigi dek Bunga yang hanya tumbuh setengahnya.

  2. lulu mengatakan:

    umur saya 19 tahun.,.,
    sekarang saya sedang merasakan sakit karena tumbuhnya gigi bungsu,
    mau tanya,., kenapa si gig bungsu kalau tumbuh ga langsung seprti gigi yang lain,tumbuhnya itu sedikit-sedikit..
    sangat tersiksa saya. pertama kiri bawah,berlanjut ke kanan bawah, trus sekarang tinggal yang kiri atas.,.,

    ada solusi lain kah selain d cabut.,.,.???
    dan ada kah obat untuk menahan rasa sakit itu.,.,.,.,

    • Ani mengatakan:

      Sedikit-sedikit? Hem… tahap tumbuhnya sama saja dengan gigi yang lain, hanya saja waktu tumbuhnya berbeda-beda tiap orang kisaran 17-25 tahun. Adapun rasa sakit yang dirasakan berkepanjangan tanpa terlihat tumbuhnya yang jelas, perlu pemeriksaan lebih lanjut berupa foto rongent gigi, bisa jadi posisi tumbuhnya tidak normal, nah jika begini akan menyulitkan keluarnya/tumbuhnya gigi bungsu.
      Jika posisi tumbuhnya normal seperti gigi yang lain, itu tidak perlu dicabut. Tapi jika sebaliknya, maka dianjurkan untuk dicabut karena dapat menimbulkan rasa sakit dan mengakibatkan infeksi. Dan dapat merusak gigi atau akar gigi sebelahnya. Dan bahkan dapat menjadi lebih serius dengan munculnya kantung yang mengelilingi gigi yang impaksi yang berisi cairan dan membesar yang disebut dengan kista. Pada kasus yang jarang, jika kista tidak diobati, maka akan menjadi tumor sehingga diperlukan prosedur pembedahan untuk pengambilannya. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan komplikasi ini akan terjadi. Diperkirakan sekitar 85% dari gigi bungsu perlu diambil.
      Untuk obat penahan rasa sakit tentu ada, tapi itu hanya untuk sementara, nanti kalau pengaruh obatnya habis, ya gigi akan terasa sakit lagi.

  3. SALAFIYUNPAD™ mengatakan:

    jazakillah khaira….

  4. Dhani mengatakan:

    umur sya 23 tahun, dah 1 bulan gigi bungsu sbelah kanan saya trjdi impaksi,shingga ggi bungsu yg kdua (di depan)trasa ngilu kalau kumur air..,mngunyah pun ssah skali,aplgi gigi satu geraham sbelah gigi sdah hancur,jdi saya sedih dengan semua ini.mengunyah tak bsa lama2..jdi sya mengunyah apa adanya.kira2 sperti apa bedah gigi impaksi ini.. ,ditambah saya punya keturunan pnyakit diabetes..prnah gula darah smpai 180..bagaimana solusinya..kalau dibedah nanti susah sembuhnya..

    • Ani mengatakan:

      Gigi bungsu itu gigi yang terakhir tumbuh, istilah kedokteran giginya gigi molar tiga (gigi geraham yang ketiga).

      Sebaiknya Dhani konsultasikan langsung ke dokter gigi yang akan merawat Dhani, supaya lebih jelas.

      Bedah gigi itu sama seperti bedah gigi yang lain, hanya lebih spesifik karena letaknya paling dalam dan kondisinya tidak tumbuh sempurna. Prosesnya, dimulai dengan pembiusan gigi, pembelahan sedikit gusi, pengambilan sedikit tulang di sekitar gigi agar akses pengambilan giginya lebih mudah, dilanjutkan dengan pengambilan gigi. Kurang lebih seperti itu prosesnya.

      Adapun riwayat penaykit gula, maka seharusnya dilakukan pemeriksaan gula sebelum melakukan operasi gigi.

  5. Dhani mengatakan:

    Trima kasih mbak ani..
    Mmang dah wajib kyaknya tuk di cabut ya mbak.sedih..nasiiib bin nasiib..

  6. nida mengatakan:

    umur saya 26 thun..dl swaktu kuliah djogja pernah memeriksakan gigi dan ternyata stlh dirontgen geraham pling belakang kanan kiri tumbuhny miring ksamping,dan saya dianjurkan untuk dioprasi cabut gigi..Namun stelah konsultasi dg orang tua,saya menundany..kemudian saya coba cek ke dokter gigi djakarta,setelah saya konsultasi,mnurut dokter tdk perlu dcabut..Apakah permasalahan sya itu termasuk impaksi..lalu mana yg harus dilakukan dcabut atau tdk??

    • Ani mengatakan:

      Kalau kasusnya miring ke samping (ke bagian gigi di depannya), sepertinya akan sulit untuk tumbuh sempurna. Sebaiknya mbak periksakan ke dokter gigi yang lain, untuk mencari pendapat yang menguatkan.

  7. An cahaya mengatakan:

    umur saya 17 tahun,si bungsu belum keluar sih tapi nyeri banget rasanya,
    kira2 berapa lama gigi itu bisa nembus gusi sampai nembus permukaan ?? soalnya saya sudah tersiksa waktu saya makan susah sekali ngunyah nya.

    • Ani mengatakan:

      Sebaiknya diperiksakan saja ke dokter gigi ya, dan sebaiknya dilakukan foto rongent gigi supaya dapat dilihat posisinya normal atau tidak.

  8. edho mengatakan:

    hampir satu minggu si bungsu datang ni,umur saya 25 thn.kata orang setiap org pasti bgitu di saat masa pertumbhanx sdh mulai hbis,tp apa benar ini hrus di cabut,rasa sakitx luar biasa skali’jgnkan nguyah,skedar kumur2 aja sakitx minta ampuuuun,.,!

    • Ani mengatakan:

      Mengenai cabut atau tidaknya perlu pemeriksaan lanjutan, selain pemeriksaan secara langsung dengan mata, yaitu pemeriksaan grngan foto rongent. Sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter gigi anda, supaya memastikan dicabut atau tidak.

  9. dewi mengatakan:

    ih ngeri rasanya.. saya berusia 22thn bbrapa bulan lalu graham bungsu saya juga tumbuh.. masih sedikit sih.. tpi untuk makan sungguh sangat menyiksa.. tapi mau operasi saya juga rasanya ngeri… gmna yah ?? kira* bisakah dicabut jika belum tumbuh semua ??

    • Ani mengatakan:

      Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk melihat kondisi gigi bungsu Dewi. Jika memang posisi tumbuhnya tidak normal, tentunya tidak akan pernah tumbuh sempurna. Setelah dilakukan pemeriksaan tsb, baru dapat ditentukan dicabut atau tidak.

  10. sari mengatakan:

    lalu bagaimana cara mengetahui apakah graham bungsu tsb sudah tumbuh atau blm? usia saya 21 tahun dan sejauh ini blm pernah merasakan nyeri pada gigi bagian belakang.

    • Ani mengatakan:

      Gigi geraham bungsu adalah gigi geraham ketiga yang letaknya paling belakang. Jika semua gigi geraham bungsu tumbuh di masing-masing regio (kanan atas, kanan bawah, kiri atas dan kiri bawah), maka jumlah total gigi yang tumbuh ada 32 gigi (jumlah gigi yang normal ya). Kalau secara visual terlihat belum tumbuh, maka perlu pemeriksaan rongent (radiologi) untuk memastikan apakah ada benih gigi bungsu atau tidak.

  11. rina mengatakan:

    Usia saya 21 tahun. Gigi geraham bungsu kanan bawah saya sudah keliatan numbuh dan saat numbuh tidak terasa terlalu sakit dan saya lihat posisinya da betul tapi yg jd masalah, 1/3 bag gigi masi tertutup gusi dan karena gigi gerahan bungsu kanan atas saya sudah tumbuh full, kadang ketika mengatupkan gigi terasa sakit dari gusi yg masi mutupin. Saat makan, sakit hanya terasa saat gigi gerahan bungsu kanan dipakai. Itu apakah harus dioperasi? Yang jadi masalah cuma sedikit gusi yang menutupin gigi saja. Hal ini juga tidak menumbulkan sariawan ataupun pendarahan. Jadi bingung kenapa ini gigi.

    • Ani mengatakan:

      Harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya apakah dicabut atau tidak, yaitu dari pemeriksaan langsung dan difoto. Reaksi sakit yang muncul kemungkinan itu karena ada makanan yang terselip sehingga menimbulkan reaksi peradangan. Sebaiknya saat menyikat gigi, dibersihkan juga di daerah tersebut (daerah gusi yang menutupi gusi).

  12. Arum mengatakan:

    Terima kasih untuk Informasinya dokter Ani. Saya berumur 25 tahun dan kedua gigi bungsu saya impaksi (miring) ke sebelah gigi lainnya. Dokter sudah menyarankan saya untuk operasi, nah sebaiknya saya pergi ke dokter gigi atau dokter bedah gigi dan mulut? Apakah sebaiknya langsung dioperasi dua-duanya atau satu-satu dulu ya?

    • Ummu Zahrah mengatakan:

      Sebaiknya ke dokter gigi spesialis bedah mulut yang memang berkompeten menangani gigi impaksi. Satu gigi dulu supaya sisi sebelahnya yang belum dicabut giginya, bisa digunakan untuk mengunyah.

  13. LuginaQJ mengatakan:

    dicabutnya harus dibedah gitu ga sih ? ngeri kayanyaa –” tapi makasih banget infonyaaa

  14. stevanie mengatakan:

    umur saya 18 thn gigi bungsu saya tumbuh melenceng dari barisan gigi. dan rasanya sakit karena baru tumbuh. kira2 apa yang harus saya lakukan?
    thank’s

  15. Mila mengatakan:

    Saya mila brusia 22 tahun,. Saat2 ini sya mrasakan sakit gigi dbgian blkang kiri bwah.. Mnurut teman” si bungsu akan muncul,stlah sy prhatikan trnyata gusi sya yg paling blkang lubang.. Yg ingin sy tanyakan.. Apakah dgn lubang pada gusi blkang penyebab akan munculx sibungsu?? Atw ada efek lain?’
    Tolng djlskan.. N trmakasih..

  16. opie mengatakan:

    aku barusan cabut gigi bungsu kanan bawah. tumbuhnya dalem gusi, miring, dan nabrak gigi depannya. gigi bungsu kiri bawahku jg impaksi gitu, sama persis kasusnya. ntar dicanut kalo bekas operasi yg kana uda kering.
    yang aku anehin, selama giginya tumbuh kog aku g ngerasain apa2 ya? kayak yg sering dikeluhkan orang2 yang gigi bungsunya lg tumbuh. tiba2 uda jadi gigi dan ketauan waktu kebetulan rontgen.
    trus, kira2 gigi bungsu yg atas juga berpotensi tumbuh g normal kah? aku g mau operasi banyak kali nih >,<
    makasih ya jawabannya :)
    opie (19th)

  17. yanthi mengatakan:

    mahalkah biaya cabut gigi bungsu di bedah mulut? kira2 brp ya biayanya?

  18. Sri fauziana mengatakan:

    Gusi ku sering bengkak oleh di karenakan adanya pertumbuhan gigi bungsu,itu sangat mengganggu sekali.

  19. ika mengatakan:

    Assalamu alaikum Ukhti,
    Saya Ika, usia 22 tahun hari ini gigi bungsu saya (geraham bawaj sebelah kanan)sepertinya tumbuh tapi dag normal soalnya terasa sakit bgt sampe teling berdengung n kepala sebelah kanan kyk tertarik ikutan sakit.. apa yang kualami ini normal?? ada obat yang bisa aku minum gak biar ini gak berkepanjangan?? pipiku juga udah ikutan bengkak….
    tolong infonya ya…
    share ja langsung ke emailku ikapelitahati@gmail.com
    terima kasih sebelumnya..

  20. ika mengatakan:

    syukran sarannya ukhti,,

  21. tanti mengatakan:

    Umur saya 18 tahun dan sekarang saya merasakan sakit dirahang kanan bawah n kiri tapi yg pling skit itu yg sblah kiri,saya juga sudah kedokter gigi ktanya gigi bungsu saya blm terlalu kelihtn & diberi obat saya gk tau itu obt apa?apa obt penahan rasa nyeri?trus klo gosok gigi sakit klo tersentuh,lalu apa yg harus saya lakukan agar gigi yg blm kelihtn ini tetap bersih & agar tidak ada sisa mknan yg tersisa saya takut klo ada sisa makanan bisa menimbulkan jamur atau bkteri

    • Ummu Zahrah mengatakan:

      Sikat gigi 2 kali sehari, pagi sekitar sejam setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur. Ketika sikat gigi pelan saja, sikatnya dengan lembut. Serta berkumur2 ketika setelah makan.

  22. kiki mengatakan:

    saya punya adik 13th..pada bagian depan atas 2 giginy miring ke belakang/shg mmbuat diriny agak minder saat bicara/trtawa dan gigi taring sbelah kiri tingkik/tumbuh d ats gusi dr lainny.apakh hukumny dlm islam jika kedua gigi depan atas ny d ratakan?bgmn metode/cara ny dlm dunia medis agar posisi kedua giginy normal pd umumny?mhon jawaban ny kalo bs k e-mail saya,terima kasih

  23. arik mengatakan:

    saya berumur 21 thn, gigi saya bermasalah di bagian kiri bawah, saat saya coba rontgen tanpa rujukan dokter, ternyata teman saya mengatakan gigi saya impaksi, apa saya harus operasi? apa hanya itu jalan satu-satunya? mohon penjelasannya, terima kasih

  24. Tya mengatakan:

    umur saya 18 th, dari hasil fotoscan ada 4 gigi saya yg impaksi (2 gigi taring atas, 1 gigi taring kiri bawah dan satu gigi seri kanan atas) dan ada 1 gigi lagi tp diragukan. Dua dentist angkat tangan buat kasus saya ini, slah seorang diantaranya menyatakan bahwa kasus saya ini langka. Ahirnya saya diberi surat rujukan ke RS. Yang ingin saya tanyakan, apakah keempat gigi saya harus dioperasi semua? dan gigi seri kanan atas saya diposisi horizontal letaknya diatas gigi seri depan dekat hidung, apakah gigi saya itu bisa diambil?

  25. dwi mengatakan:

    Assalamualaikum..
    4 gigi wisdom molar saya impaksi semua.
    saya juga berncana mencabut semua gigi impaksi itu, yang jadi masalah adalah paranoid saya terhadap jarum suntuk.
    jangankan digusi untuk suntik bius lokal, disuntik (maaf) dipantat saja biasanya saya kabur kalo kebetulan dibawa ke Dokter oleh Ortu pas sakit.

    yang saya ingin tanyakan, apakah ada prosedur yang bisa mengurangi rasa sakit saat disuntik bius di gusi sebelum operasi gigi bungsu itu??
    dan jika sekali operasi, saya ingin mencabut 2 gigi sekaligus, misal ( wisdom molar kanan atas-bawah), apakah itu diijinkan atau memang maksimal harus hanya 1 gigi yang dicabut untuk sekali waktu???

    saya cowok 22 tahun, tapi masih saja takut jarum suntik..
    saya mohon pencerahannya.. terima kasih sebelumnya,..

  26. Trina mengatakan:

    Umur saya 22 tahun,, saya baru menyadari klu gigi bungsu bawah sebelah kiri saya implasi.. Gigi nya tumbuh dalam posis tidur dan mahkota gigi ada di samping,,, krena makan sering masuk dan sulit di bersihkan,, jd menganggu skali.. jika saya oprasi apakah bahaya dok??? Dengan komdisi umur saya saat ini.. trimakasih,,,

  27. kiya mengatakan:

    umur saia baru 16 th,tp si bungsu sudah tumbuh,apakah itu normal??kan katanya tumbuhny rentang umur 17-25 an..
    dan si bungsu ini menyiksa saia,gusi membengkak,utk membuka mulutpun sakit…
    trs tindakan apa yg harus saia lakukan??

    • Ummu Zahrah mengatakan:

      Segera periksakan ke dokter gigi ya, dan sepertinya harus di foto ronsen untuk memastikan posisinya. Jika sampai sus=lit membuka mulut, pada umumnya solusinya dengan pemberian obat terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan pengambilang gigi bungsu.

      Mohon maaf karena komentarnya baru bisa dibalas. :)

  28. Novita Lestari mengatakan:

    Assalamu’alaikum…. Gigi graham bungsu saya yg kanan atas sudah tumbuh,,lalu di lanjutkan dgn gigi graham bawah seperti nya mau tumbuh jg,tp kenapa proses tumbuh gigi geraham yang bawah sakit sekali sampai pusing kepala saya. Saya sudah k klinik & puskesmas..Tp hnya di beri obat penghilang rasa sakit saja. Tp setelah saya baca komentar” balasan dari dokter Ani & Ummu zahra seperti nya d saran kan untuk di cabut saja ya klo gigi geraham bungsu itu???? Seandai ny rasa sakit saya hilang & gigi geraham bungsu saya tumbuh sempurna apakah saya masih perlu cabut gigi???

  29. Yuli aryani mengatakan:

    Umur saya 22 thn saya sakit gigi geraham sebelah kiri,tapi tumbuh ny masih setengah & masih ketutup sama gusi.apa harus periksa/di diam kan saja?thnks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s