Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi.




Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun keatas. Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis.

Banyak di antara kita, baik orang tua maupun anak muda yang beruban, merasa risih bahkan kurang percaya diri karena takut dianggap sudah tua, hingga akhirnya mereka mencabut helai demi helai uban tersebut tanpa memperdulikan hukumnya secara Islam maupun dampaknya secara medis.


Menurut Islam

Syaikh Abdul Aziz Muhammad As-Salman ketika ditanya tentang hukum mencabut uban, beliau menjawab,

Mencabut uban hukumnya makruh (dibenci).

Adapun dalil larangan mencabut uban adalah sebuah hadits dari Amru bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Artinya : Janganlah kalian mencabut uban karena uban itu cahaya seorang muslim. Tidaklah seorang muslim tumbuh ubannya karena (memikirkan) Islam malainkan Allah tulis untuknya (dengan sebab uban tersebut) satu kebaikan, mengangkatnya (dengan sebab uban tersebut) satu derajat, dan menghapus darinya (dengan sebab uban tersebut) satu kesalahan” [Ahmad II/179, 210 –dan ini lafalnya, Abu Dawud No. 4202]

Begitu pula hadits dari Ka’ab bin Murrah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Artinya : Barangsiapa yang tumbuh ubannya karena (memikirkan) Islam, maka pada hari kiamat nanti dia akan mendapatkan cahaya.”[Tirmidzi No. 1634 –dan ini lafalnya-, dan Nasa’i 3144 dengan tambahan lafal ‘fii sabilillah’]


Menurut Medis

dr. Tjut Meura S. Oebit Edi, SpKJ menjelaskan bahwa,

Pada umumnya, uban memang tidak bisa dikembalikan menjadi hitam, khususnya orangtua, kecuali pada mereka yang menderita gangguan metabolisme. Secara medis, uban juga tidak bisa diobati.

Sebaiknya jangan mencabut uban, karena justru akan mengurangi jumlah helai rambut. Akibatnya, rambut malah jadi tipis, sementara jumlah uban tetap.

Menurut ahli dermatologi dari New York, Debra Jaliman, M.D, mengenai tanggapannya tentang uban bahwa hal ini tidak berdampak tumbuhnya uban lebih banyak. Hanya saja, selain akan merusak folikel dan saraf rambut, uban juga akan terlihat lebih outstanding karena berkurangnya jumlah rambut di sekitarnya.

Mencabut uban merupakan kebiasaan buruk karena bisa merusak akar rambut, menyebabkan infeksi atau bahkan borok di bekas cabutan.

Sebenarnya pada usia diatas 30 tahun, kebanyakan orang akan mengalami kerontokan dari 80-100 helai setiap hari. Tapi, proses pertumbuhan rambut sangat lambat, sehingga kebanyakan menderita kebotakan.


Referensi:

Kitab Al-As’ilah wa Ajwibah Al-Fiqhiyyah Al-Maqrunah bi Al-Adillah Asy-Syar’iyyah jilid I, Disalin ulang dari Majalah Fatawa 06/I/rabi’ul Awwal 1424H -2003M – http://www.almanhaj.or.id

http://default.tabloidnova.com dalam jangan cabut uban

http://id.wikipedia.org/ tentang uban

http://titok.wordpress.com/ dalam komentar dija pada hukum mencabut uban

http://www.parenting.co.id/ dalam di balik mitos kecantikan

http://www.hanyawanita.com dalam 10 mitos mengenai rambut

12 responses »

  1. dildaar80 mengatakan:

    jazakumullah..

  2. khanifa mengatakan:

    assalamu ‘alaikum
    yup, malah bangga lho kalo’ punya uban. ini nih perjalanan hidupuku… gitu rasanya ketika melihat uban muncul di kepala : )
    btw, saya habis ganti theme background blog lho. hehehe, moga2 ga bikin sakit mata : D

    • Ummu Dzilqarnain mengatakan:

      Wa’alaykumussalam

      Ifa dah ubanan toh ^ ^
      Kata org2 tua, klo anak muda ubanan berarti jenius loh, kayak Pak Hatta Radjasa.

      Wah, themenya keren dek.

  3. khanifa mengatakan:

    hehehe, makasih2.. : D

  4. rey mengatakan:

    aku udah ubanan sejak sma. kalo teman2 liat ubanku, pasti langsung pada nyabut. akunya siy cuek2 aja.
    ternyata gag boleh ya?
    hahahahaha yaudah ntar aku protes deh ma temen2. hehe..

  5. bhakti prasetia mengatakan:

    alhamdulillah ya.
    akhirnya hal yg selama ini saya risihkn akhirnya terjawab..
    subhanallah….
    Allahuakbar…

  6. depot pulsa mengatakan:

    ya pake jamu aja rutin biar untk menguatkan akar rambut, sampo2 jaman sekarang bener2 membersihkan rambut sampe ke akar2nya

  7. Indra Gunawan mengatakan:

    aku udah tumbuh uban pd umur sekarang
    (17th), n ubannya cma 1, hmm brusan uban ku dicabut oleh temen, yah aq sih cuek aja, ternyata tak boleh,, hmm :(

  8. gani mengatakan:

    umur ane 28 rambut ane ubanan sejak umur 12 tahun gara” di gigit tawon. padahal sebelum di gigit tawon nggak ada. pas di gigit eh..tumbuh deh :-)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s